Abstraksi
Materi kali ini dibahas mengenai penggunaan barang bekas menjadi barang bermanfaat pada mata pelajaran Pendidikan Lingkungan hidup kelas II. Barang bekas
yang digunakan adalah barang yang banyak ditemukan di lingkungan
sekolah seperti kardus, plastik, sedotan , dan daun-daunan kering.
Tujuan pembelajarannya yaitu siswa dapat mengetahui manfaat barang
bekas, siswa dapat membedakan jenis-jenis barang bekas, dan siswa dapat
membuat hasil karya dari barang bekas tersebut.
Materi Pembelajaran
1. Macam-macam barang bekas yang ditemukan di lingkungan sekitar
2. Barang-barang bekas yang besifat organik dan anorganik
Alat dan Bahan
Proses Belajar
Kegiatan Awal
Guru mengajak siswa ke luar kelas dan membagi siswa menjadi 4
kelompok. Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan “Barang bekas apa
saja yang kalian lihat di sekitar kalian? ”, kemudian guru menanyakan
kembali, “Apakah barang tersebut bisa digunakan kembali?” Kalau iya
“Barang apa saja yang dapat kalian buat?”
Kegiatan Inti
Guru meminta siswa secara berkelompok untuk mencari barang-barang
bekas seperti daun kering, plastik, sedotan, dan lainnya. Kemudian siswa
membagi barang bekas tersebut menjadi barang yang organik dan
anorganik. Setiap kelompok diinstruksikan untuk membuat pigura dari
bahan-bahan yang sudah dikumpulkan dengan bahan dasar kertas kardus
bekas.
Kegiatan Penutup
Siswa menjelaskan barang bekas apa saja yang digunakan sebagai bahan
pembuatan pigura. Kemudian siswa dan guru menyimpulkan secara
bersama-sama bahwa barang bekas memiliki nilai ekonomi jika dikelola dengan baik.
Semoga dengan mata pelajaran ini, siswa dapat memahami dan
mempraktekkan secara langsung secara mandiri bahwa barang bekas
disekitar yang tersedia dimana saja dapat dipergukanan dan diolah
menjadi barang yang berharga dan unik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar